Line Follower Analog Sederhana


Line Follower Analog Sederhana


Bissmillahirrohmanirrohim..


Meneruskan dari koment koment dari para pelanggan saya, yang sebenarnya agak ga enak didengar. hehe *curhat

Sebelumnya, semua produk produk yang agan dapatkan dari blog ini adalah asli handmade dari tangan saya, yang dibuat dari alat seadanya.. Bahkan sampai sekarang. Tapi serius deh, yg saya berikan adalah yang kondisinya masih fit, dan jika ada trouble, tidak akan saya kirimkan.

Nah, sekarang tentang Line Follower Analog 2 Sensor dulu ya, hehe..

Disini, saya akan share sedikit ilmu tentang membuat Robot Line Follower analog sederhana dengan 2 sensor. nah, skematiknya seperti ini.


Daftar Komponen :
  • R1, R6 = 1kΩ
  • R2, R7 = 33kΩ
  • R3, R8 = VR 50kΩ
  • R4, R5, R9, R10 = 560Ω
  • D2, D3, D5, D6 = Led Biru ( Opsional untuk warnanya. Bisa sesuka hati :D )
  • Q1, Q5, Q3, Q7 = Transistor BD 139
  • Q2, Q4, Q6, Q8 = Transistor BD 140
  • D1, D4 = Led Superbright Putih
  • PH1, PH2 = Photodioda ( Kalau susah dicari, pake LDR juga bisa )
  • U1 = LM324
  • D7 = 1N4007
  • S1 = Switch DPDT ( Opsional, ga mesti DPDT juga. Yang penting switch )


Yaps, mungkin untuk yang pernah pesan kit pecah line follower analog 2 sensor dari saya, sudah tidak aneh lagi ya dengan skematik ini. .. hehe

Nah, bentuk PCB yang sudah jadi.


Ini foto robotnya yg sudah jadi..







Hehe, .. robot si gapapa deh 2 sensor. yang penting desainnya keren gan :D . wkwkwk. maaf ya yg dari kemaren pada pesen kit dari saya ndak dikasih liat foto robot yg udah jadinya. Karena baru sempet foto sekarang. Dan robot line follower analog 2 sensor yang sudah jadi ini, termasuk salah satu produk saya juga. ..
Kalau beli eceran, harga kitnya aja yg udah jadi Rp 60.000,- . Gearboxnya itu kan pake gearbox Ver 2.0, harganya Rp150.000,- Totalnya aja udah Rp 210.000,- .

Tapi kalau agan pesan yang sudah jadi seperti ini, harganya murah. Saya kasih Rp200.000,- aja. (Tanpa batterai).

Robot ini sudah teruji kecepatannya. Ini Videonya :



Jika berminat, bisa hubungi saya di :

No. Hp : 082310453229
BBM    : D0635EF8
ID Line : zona_almukmin

Terima kasih ^_^




2 comments: