Line Follower Analog 14 Sensor Paralel System !!


Line Follower Analog 14 Sensor Paralel System

Bissmillahirrohmanirrohim,,

Assalamu'alaikum warrohatullohi wabarokatuh.. Pertama tama saya mengucapkan, minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin untuk semua pembaca dan pelanggan di ZRF electronics untuk semua kesalahan saya yang disengaja ataupun yang tidak disengaja. Yaah, yang namanya manusia, pasti adalah kesalahan. Dan harus saya akui juga tentang hal itu. Berhubung hari ini juga masih suasana lebaran kan. Ga ada salahnya toh meminta maaf ? hehe..

Pada postingan kali ini, saya ingin berbagi informasi tentang upgrade dari line follower analog saya yang 12 sensor ntu loh. Yang Fast Speed.. yang masih belum tau, agan bisa langsung aja kunjungi ke halaman saya tentang Line Follower Analog 12 Sensor Fast Speed !!

Hmm, alhamdulillah, ternyata sudah banyak teman teman yang sudah menggunakan produk robot analog dari saya iniloh. Dari yang sistem paralel, maupun non paralel nya. Saran dan kritik pun terus bermunculan dari berbagai penjuru di Indonesia. Dan kebanyakan, permasaahan ada pada cara pensettingan nya.

Memang semua produk dari saya memang dari hasil pemikiran sendiri. Disini saya buat robot itu dalam hal pensettingannya menjadi lebih sederhana. Jadi tidak terlalu banyak yang harus di atur, karena sebagian besar sudah otomatis. Yaps, memang cukup membingungkan sih bagi yang baru menemukan sistem yang seperti ini. Tapi sebenarnya lebih sederhana ko' jika sudah memahami mah :D .

Nah, ada juga yang berkomentar, katanya kalau di garis putus putus keseringan malah muter balik. Ada juga yang comment, kalau dikasih ditambah kecepatanya keseringan keluar garis.
Memang dalam desain awalnya tidak disertakan sensor tengah. jadi kalau nemu jalan buntu robot langsung muter balik. Namun yang versi sekarang sudah dilengkapi dengan sensor tengah. Jadi sudah mampu untuk melewati garis yang putus putus. Dan kalau untuk kecepatan, masalahnya saya pecahkan di postingan ini. Yaitu saya menambah 2 sensor lagi. Jadi total 14 Sensor gan :D ..

Kalau penampakan robot nya tetap ga berbeda ko' dengan yang 12 sensor. Nah, ini dia :









Spesifikasi dari robot Line Follower Analog 14 Sensor Paralel system ini yaitu :

- 14 Sensor paralel system.
- Mampu membaca prioritas kiri/kanan.
- Mampu membaca garis berwarna hitam/putih sekaligus tanpa ganti sensor.
- Driver dengan pengatur speed dan switch turbo.
- Driver L298N dengan transistor D1047 sebagai pembagi tegangan.
- Perbandingan Gearbox 1:5,2
- Motor DC 24000 rpm
- Diameter Velg + Ban = 2,8cm
- Dimensi robot, Bagian belakan ke depan = 15cm, Dari kiri ke kanan = 16,5cm, Tinggi = 6cm
- Bahan PCB : Fiber FR4

Nah, untuk videonya, bisa di lihat disini :



Robot Line Follower analog dengan speed tinggi, namun tetap stabil dan ga goyang jalannya :D

Robot ini saya jual dengan harga : Rp 490.000,- (Tidak termasuk batterai). Hehe,. Sangat murah jika di bandingkan dengan kualitas nya.

bisa COD hanya untuk wilayah depok yaa. Selain itu JNE saja. Ongkir ditanggung pembeli.

Bagi yang berminat, bisa langsung hubungi saya di :

No. HP / WA : 082310453229
ID Line : zona_almukmin
BBM : D0635EF8

Tapi, buat agan yang sudah punya Line Follower analog 12 sensor nya ZRF electronics, bisa di upgrade nih ke line follower tipe yang ini. Cukup ganti sensor nya saja.
untuk harga, silahkan hubungi saya saja ya dengan contact person yang baru saya cantumkan di atas.

Terima kasih :)





1 comment: